Ciri Induk Lele Jantan dan Betina

Keberhasilan budidaya ikan lele sangat tergantung bagus tidaknya bibit ikan lele yang dipilih. Karena itu memilih bibit ikan lele harus dilakukan secara hati-hati agar jerih payah anda tidak sia-sia.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mendapatkan bibit ikan lele yang baik adalah memilih induk yang berkualitas. Tapi sebelumnya, tidak ada salahnya untuk mengetahui terlebih dulu ciri induk lele jantan dan betina.

Bibit lele jantan memiliki ciri kepala kecil, warna kulit dada agak tua, kelamin agak menonjol dan memanjang ke arah belakang, letaknya di belakang anus dengan warna kemerahan.

Induk lele jantan memiliki gerakan lincah, tulang kepala pendek, dan agak gepeng. Jika di tekan pada bagian perut, akan dari perut ke arah ekor akan mengeluarkan cairan putih kental. Kulit lele jantan umumnya lebih halus dibanding lele betina.

Induk lele betina memiliki ciri kepala lebih besar, warna kulit dada agak terang, alat kelamin berbentuk oval, berwarna kemerahan dengan lubang agak besar. Letaknya di belakang anus.

Induk lele betina memiliki gerakan lamban, tulang kepala pendek dan agak cembung, perut lebih gembung dan lunak. Jika ditekan, bagian perut akan nengeluarkan cairan berwarna kekuning-kuningan.