Cara Memilih Indukan Lele

Memiliki indukan yang tepat merupakan satu prasyarat agar berhasil dalam pembiakan ikan lele. Apalagi jika anda memang berencana untuk menjadi pembiak ikan lele. Calon indukan lele yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan berikut; 

Induk lele diambil dari kolam yang sehat dan sudah dipelihara sejak kecil. Ini supaya indukan yang dipilih telah mampu beradaptasi dengan kehidupan di kolam, toh nantinya ia akan beranak pinak di kolam juga. 
Berat badan calon indukan lele harus berkisar antara 1.000-2.000 gram. Badannya berbentuk simetris, tidak bengkok, tidak cacat, tidak luka dan bisa bergerak dengan lincah. 

Setelah mengetahui syarat calon indukan, anda juga harus bisa membedakan mana lele jantan dan lele betina. Tidak lucu juga kan kalau ternyata yang dipilih lele jantan semua atau betina semua, hehehehe. 

Ciri Lele Jantan 
Kepalanya lebih kecil dari induk ikan lele betina. Warna kulit dada agak tua bila dibanding induk ikan lele betina. 
Urogenital papilla (kelamin) agak menonjol, memanjang ke arah belakang, terletak di belakang anus, dan warna kemerahan. 
Gerakannya lincah, tulang kepala pendek dan agak gepeng (depress). 
Perutnya lebih langsing dan kenyal bila dibanding induk ikan lele betina. 
Bila bagian perut di stripping secara manual dari perut ke arah ekor akan mengeluarkan cairan putih kental (spermatozoa-mani). 
Kulit lebih halus dibanding induk ikan lele betina. 

Ciri Lele Betina 
Kepalanya lebih besar dibanding induk lele jantan. 
Warna kulit dada agak terang. 
Urogenital papilla (kelamin) berbentuk oval (bulat daun), berwarna kemerahan, lubangnya agak lebar dan terletak di belakang anus. 
Gerakannya lambat, tulang kepala pendek dan agak cembung. Perutnya lebih gembung dan lunak. 
Bila bagian perut di stripping (diurut perlahan dari perut bagian depan ke arah kelamin) secara manual akan mengeluarkan butiran kecil kekuning-kuningan (ovum/telur). 
Kulitnya lebih kasar dibanding induk lele jantan. 

Nah, agar pembiakan bisa dilakukan dalam waktu sikat, anda sebaiknya memilih indukan lele yang siap untuk dipijah. Lele yang siap dipijah biasanya mulai terlihat berpasang-pasangan atau sering terlihat kejar-kejaran. Kalau anda menemukan lele yang sudah getol berpacaran seperti itu, segera ambil dan pisahkan dalam kolam pembiakan.