Mengobati Penyakit Jamur Ikan Lele

Kulit ikan lele di kolam anda ditumbuhi bintik-bintik putih dan ada pula yang melepuh? 
wah, harus waspada itu tanda-tanda ikan lele anda terserang jamur. Jangan anggap enteng, jika tidak segera ditangani serangan jamur pada ikan lele itu bisa berakibat kematian. Rugikan kalau ikan lele yang sebentar lagi siap dipanen banyak yang mati.


Untuk mencegah serangan penyakit jamur atau aeromonas itu sebetulnya cukup mudah. Anda hanya perlu memperhatikan kelayakan air kolam. Saat memberikan pakan, sebaiknya diseduh terlebih dulu dengan air hangat yang telah dicampur obat herbal, vitamin, dan probiotic.

Bagaimana jika ikan lele anda sudah terlanjut terserang jamur ?
Nah, ini ada resep herbal yang bisa anda gunakan untuk mengatasinya. Bahannya 2 buah bawang putih, 10 lembar daun sirih, 1/4 kilogram kunyit, dan 10 lembar daun pepaya. Kalau tidak ada daun pepaya, bisa diganti dngan daun jambu biji.

Caranya ?
Haluskan semua bahan-bahan diatas, bisa ditumbuk bisa pula dengan cara diblender. Lalu rebus dengan 2 liter air bersih hingga mendidih kemudian dinginkan. Cara menggunakannya dengan menyiramkan air rebusan ramusan tadi ke dalam kolam satu gelas sehari. Lakukan sampai penyakit jamur pada ikan lele anda sembuh.