Cara Memilih Indukan Lele

Memiliki indukan yang tepat merupakan satu prasyarat agar berhasil dalam pembiakan ikan lele. Apalagi jika anda memang berencana untuk menjadi pembiak ikan lele. Calon indukan lele yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan berikut; 

Induk lele diambil dari kolam yang sehat dan sudah dipelihara sejak kecil. Ini supaya indukan yang dipilih telah mampu beradaptasi dengan kehidupan di kolam, toh nantinya ia akan beranak pinak di kolam juga. 
Berat badan calon indukan lele harus berkisar antara 1.000-2.000 gram. Badannya berbentuk simetris, tidak bengkok, tidak cacat, tidak luka dan bisa bergerak dengan lincah. 

Setelah mengetahui syarat calon indukan, anda juga harus bisa membedakan mana lele jantan dan lele betina. Tidak lucu juga kan kalau ternyata yang dipilih lele jantan semua atau betina semua, hehehehe. 

Ciri Lele Jantan 
Kepalanya lebih kecil dari induk ikan lele betina. Warna kulit dada agak tua bila dibanding induk ikan lele betina. 
Urogenital papilla (kelamin) agak menonjol, memanjang ke arah belakang, terletak di belakang anus, dan warna kemerahan. 
Gerakannya lincah, tulang kepala pendek dan agak gepeng (depress). 
Perutnya lebih langsing dan kenyal bila dibanding induk ikan lele betina. 
Bila bagian perut di stripping secara manual dari perut ke arah ekor akan mengeluarkan cairan putih kental (spermatozoa-mani). 
Kulit lebih halus dibanding induk ikan lele betina. 

Ciri Lele Betina 
Kepalanya lebih besar dibanding induk lele jantan. 
Warna kulit dada agak terang. 
Urogenital papilla (kelamin) berbentuk oval (bulat daun), berwarna kemerahan, lubangnya agak lebar dan terletak di belakang anus. 
Gerakannya lambat, tulang kepala pendek dan agak cembung. Perutnya lebih gembung dan lunak. 
Bila bagian perut di stripping (diurut perlahan dari perut bagian depan ke arah kelamin) secara manual akan mengeluarkan butiran kecil kekuning-kuningan (ovum/telur). 
Kulitnya lebih kasar dibanding induk lele jantan. 

Nah, agar pembiakan bisa dilakukan dalam waktu sikat, anda sebaiknya memilih indukan lele yang siap untuk dipijah. Lele yang siap dipijah biasanya mulai terlihat berpasang-pasangan atau sering terlihat kejar-kejaran. Kalau anda menemukan lele yang sudah getol berpacaran seperti itu, segera ambil dan pisahkan dalam kolam pembiakan.

Poskan Komentar

Label

Budidaya Lele Budidaya Patin Budidaya Belut Budidaya Ikan Koi Budidaya Gurame Budidaya Nila Pakan pemijahan Bawal Betutu Gurame pedoman teknis budidaya ikan patin pemilihan induk penyakit ikan patin Arwana Cupang Hama Penyakit Ikan Hias Manfish Privacy Policy Tips Udang bentuk tubuh benur budidaya ikan arwana budidaya ikan bawal budidaya ikan gurame budidaya ikan hias budidaya ikan manfish budidaya udang windu cara cara budidaya cara membuat pakan ikan lele cara membudidayakan udang windu cara memilih ikan cupang cara memilih indukan lele cara menebar benih ikan lele cara mengatasi cara pemberian pakan cara pemijahan cara pemijahan ikan gurame cara penetasan ciri gurame betina ciri gurame jantan ciri induk lele jantan dan betina ciri lele betina ciri lele jantan hama dan penyakit belut hama gurame hama ikan patin ikan gurame indukan betutu jenis gurame jenis ikan lele jenis-jenis ikan koi kandungan nutrisi kandungan vitamin kawin suntik ketinggian air kolam ikan lele kolam pemijahan koi kolam pendederan koi kualitas air kolam ikan lele kualitas air untuk ikan koi lokasi budidaya belut lokasi yang baik untuk budidaya lele lokasi yang baik untuk budidaya patin manfaat ikan lele melindungi koi dari virus herves membuat kolam ikan nila memilih bibit ikan nila memilih induk memilih induk betutu memilih induk gurame memilih induk ikan nila memilih indukan gurame memilih lokasi budidaya ikan koi mempersiapkan kolam ikan bawal menetaskan telur gurame menetaskan telur ikan gurame mengenal ikan gurame mengenal ikan koi mengobati penyakit jamur pada lele menyiapkan bibit ikan lele menyiapkan kolam budidaya patin menyiapkan kolam ikan lele menyiapkan kolam ikan nila meramu pakan alternatif untuk multivitamin dan mineral untuk ikan pakan bergizi untuk ikan pakan ikan yang baik pakan koi pakan lele pakan udang windu panen dan pasca panen belut panen dan pasca panen ikan patin pedoman budidaya patin pelet pembenihan ikan betutu pembenihan ikan nila pemberian pakan pembesaran belut pembesaran ikan patin pembiakan lele pembibitan belut pembibitan ikan patin pemeliharaan belut pemeliharaan ikan patin pemijahan betutu pemijahan gurame pemijahan ikan koi pemijahan lele pemilihan benih pendederan ikan gurame pendederan ikan koi penebaran penilaian kontes penyakit gurame penyiapan bibit belut pertumbuhan gurame pewarnaan ikan koi sejarah belut sejarah ikan lele sejarah ikan nila sejarah ikan patin sentra peternakan belut sentra peternakan ikan patin tambak udang tambak udang windu teknik budidaya udang teknis budidaya belut telur tips budidaya warna

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP